Estimasi Kebangkrutan Pada Perusahaan Retail di Indonesia Menggunakan Model Altman Z Score
View/ Open
Date
2019Author
Fadhlillah, Muhammad Reza
Dewi, Farida Ratna
Viana, Eka Dasra
Metadata
Show full item recordAbstract
Bisnis retail merupakan aktivitas bisnis yang melibatkan penjualan barang dan jasa secara langsung kepada konsumen akhir. Penurunan daya beli masyarakat sebagai konsumen akhir berpengaruh terhadap kondisi penjualan perusahaan retail yang mana berpotensi mengalami kebangkrutan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengidentifikasi, dan menentukan estimasi kebangkrutan perusahaan ritel. Jenis data yang digunakan data sekunder dari laporan keuangan perusahaan retail di situs resmi Bursa Efek Indonesia. Pengolahan data menggunakan Microsoft Excel 2016. Metode pengambilan sampel purpossive sampling dan diperoleh sebanyak 14 perusahaan. Model Altman Z Score adalah metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Working Capital to Total Assets, Retained Earnings to Total Assets, Earnigs Before Interest and Tax to Total Assets, dan Book Value of Equity to Total Liabilities berperan dalam penentuan estimasi kebangkrutan perusahaan. Sebanyak 8 dari 14 perusahaan retail diestimasikan bangkrut untuk periode selanjutnya.
Collections
- UT - Management [3441]