Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Kedai Mimicucu Bogor
Abstract
Perkembangan bisnis kuliner pada saat ini berkembang pesat di Kota Bogor. Salah satunya adalah bisnis kedai, restoran, atau kafe yang bermunculan diberbagai tempat strategis. Kedai Mimicucu merupakan salah satu kedai modern sejenis kafe yang mampu bertahan di tengah persaingan kafe yang berada disekitar lingkungan bisnisnya. Sehingga harus menciptakan store atmosphere yang baik untuk memberikan kepuasan dan loyalitas konsumen. Hal tersebut menjadi alasan penelitian ini dengan tujuan untuk: (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen, (2) Menganalisis pengaruh store atmosphere terhadap kepuasan konsumen, (3) Menganalisis pengaruh store atmosphere terhadap loyalitas konsumen, (4) Menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen Kedai Mimicucu. Metode yang digunakan ialah non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden dan data yang diperoleh diolah menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, store atmosphere tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.
Collections
- UT - Management [3455]