Evaluasi Kepuasan Peserta Seminar Berdasarkan Kualitas Kegiatan (Studi Kasus Seminar Nasional Oleh FEM IPB).
Abstract
Kepuasan peserta dapat dimaknai sebagai tanggapan konsumen atas
penilaian suatu kegiatan atau pelayanan. Penelitian ini membahas tentang
kepuasan peserta pada Seminar Nasional di IPB berdasarkan kualitas kegiatan
seminar (persiapan, penyelenggaraan) dengan landasan metode Kirkpatrick.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mengidentifikasi detail kegiatan seminar
nasional, dan (2) menganalisis tingkat kepentingan dan kinerja seminar sebagai
rekomendasi untuk pengembangan persiapan dan penyelenggaraan seminar di
FEM IPB. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif, Crosstab
dan Chi-Square, serta IPA-CSI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta
kegiatan seminar merasa puas dengan kualitas kegiatan yang diberikan, namun
penyelenggara seminar perlu memerhatikan fasilitas konsumsi dan interaksi
pembicara dengan audiens.
Collections
- UT - Management [3455]