Analisis Strategi Pemasaran Tabungan Emas PT XYZ
Abstract
PT XYZ mempunyai produk baru yaitu Tabungan Emas yang memberikan
layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga
terjangkau. Sejak 2015 tabungan emas ini diresmikan sampai tahun 2017, PT
XYZ belum bisa memenuhi target jumlah nasabah baru sesuai target. Dalam
meningkatan jumlah nasabah Tabungan Emas, perlu menyusun strategi pemasaran
yang tepat pada dalam memenuhi manfaat dan harapan nasabah. Penelitian ini
bertujuan menganalisis penyusunan strategi pemasaran PT XYZ dalam
mempertimbangkan input stage, matching stage dan the decision stage.
Penelitian dilaksanakan dengan wawancara dan kuesioner kepada Kepala
Cabang, Asisten Manajer Operasional dan Asisten Manajer Penjualan. Metode
yang digunakan adalah IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (External Factor
Evaluation), matriks IE (Internal dan External), SWOT (Strengths, Weaknesses,
Opportunities dan Threats) dan AHP (Analitycal Hierarchy Process). Hasil
Penelitian ini diperoleh altenatif strategi pemasaran tabungan emas sebagai solusi
dan saran untuk PT XYZ dalam meningkatkan jumlah nasabah.
Collections
- UT - Management [3354]