Hubungan Alokasi Waktu Belajar dan Status Anemia dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Gizi Masyarakat IPB Tahun Ajaran 2017/2018.
Abstract
Alokasi waktu belajar, status gizi, status anemia, dan prestasi akademik adalah hal penting bagi mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan alokasi waktu belajar, status gizi, status kesehatan, dan status anemia dengan prestasi akademik mahasiswa Gizi Masyarakat IPB tahun ajaran 2017/2018. Penelitian dilakukan dengan desain cross sectional study, pada bulan Mei-Juni 2018 dengan jumlah subjek 230 mahasiswa semester dua, semester empat, dan semester enam. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar subjek (62.2%) mengalokasikan waktu belajar 2-6 jam per hari. Sebagian besar subjek memiliki status gizi normal (76.1%), status kesehatan tidak baik (57%), dan indeks prestasi ≥3.51 (42.2%). Prevalensi subjek yang anemia sebesar 14.8%. Hasil uji hubungan menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan signifikan (p>0.05) antara status gizi dan status kesehatan dengan status anemia, serta antara status gizi, status kesehatan, dan status anemia dengan prestasi akademik. Terdapat hubungan signifikan (p=0.006, r=0.182) antara alokasi waktu belajar dengan prestasi akademik.
Collections
- UT - Nutrition Science [2987]