Analisis Kepuasan Kerja Karyawan Outsourcing pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Bogor Dewi Sartika.
Abstract
Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Bogor Dewi Sartika adalah salah
satu perusahaan BUMN di bidang perbankan. Total karyawannya mencapai 579,
baik karyawan tetap, kontrak, maupun outsourcing. Karyawan outsourcing
memiliki beban kerja yang sama dengan karyawan tetap dan kontrak. Namun
fasilitas, imbalan, dan penghargaan yang didapatkannya tidak sama dengan
karyawan tetap dan kontrak. Hal ini yang menyebabkan turunnya semangat dan
motivasi kerja karyawan outsourcing, sehingga tingkat turnover setiap tahunnya
meningkat. Tujuan penelitian ini diantaranya mengidentifikasi karakteristik
karyawan outsourcing berdasarkan jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, masa
kerja, dan jumlah tanggungan, menganalisis hubungan tingkat kepuasan kerja
karyawan outsourcing berdasarkan karakteristik, dan menganalisis hubungan
tingkat kepuasan kerja karyawan outsourcing berdasarkan faktor eksternal.
Pengukuran kepuasan kerja menggunakan skala Likert, analisis Rank Spearman,
dan uji Chi-Square. Hasil perhitungan dengan pengukuran skala Likert
menunjukkan bahwa karyawan outsourcing memiliki tingkat kepuasan kerja yang
kurang terhadap faktor eksternal. Hasil analisis Rank Spearman menunjukkan
variabel eksternal dan tingkat kepuasan kerja karyawan outsourcing memiliki
hubungan kuat secara nyata. Sedangkan hasil uji Chi-Square menunjukkan
karakteristik tidak ada hubungannya dengan tingkat kepuasan kerja karyawan
outsourcing.
Collections
- UT - Management [3443]