Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Kecipir.com.
Abstract
Tren belanja konsumen melalui internet dari tahun ke tahun mengalami
peningkatan. Hampir semua produk dapat dibeli secara online salah satunya
adalah sayuran. Dengan banyaknya usaha sejenis, maka pelaku usaha perlu untuk
meningkatkan kepuasan konsumen, agar tidak beralih kepada para pesaing.
Kecipir.com adalah perusahaan yang menjual sayuran secara online. Untuk
mengetahui tingkat kepuasan konsumen di Kecipir.com maka dilakukan penelitian
dengan tujuan untuk menganalisis : (1) karakteristik konsumen Kecipir.com, (2)
pelayanan yang telah dilakukan oleh Kecipir.com, (3) merekomendasikan strategi
yang sesuai kebutuhan untuk peningkatan kepuasan konsumen Kecipir.com.
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling.
Analisis dan pengolahan data menggunakan analisis deskriptif, Importance
Performance Analysis ( IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Penelitian
ini melibatkan 60 responden, sebagian besar perempuan berdomisili di Jabotabek,
dengan pendidikan paling banyak sarjana, dan pendapatan per bulan di atas
Rp5.000.000,00. Analisis Customer Satisfaction Index (CSI) menunjukkan bahwa
tingkat kepuasan konsumen Kecipir.com adalah sebesar 87,69%. Hal ini
menunjukkan bahwa konsumen sudah merasa puas dengan kinerja Kecipir.com.
Collections
- UT - Management [3469]