Perencanaan Perkuatan Lereng Menggunakan Dinding Penahan Tanah Tipe Kantilever Di Tol Jakarta Outer Ring Road II.
View/ Open
Date
2018Author
Abiyyu, Muhammad Farras
Sapei, Asep
Putra, Heriansyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembangunan jalan tol di Indonesia sering melewati pemukiman warga yang
dapat menyebabkan tanah longsor dari tanah timbunan. Oleh karena itu diperlukan
adanya dinding penahan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dinding
penahan tanah sebagai salah satu cara perkuatan tanah timbunan. Program plaxis
merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menghitung stabilitas lereng,
sedangkan untuk dimensi kantilever menggunakan desain manual. Data yang
dibutuhkan adalah data properti tanah dan beton untuk dinding penahan. Data tanah
mencakup nilai kohesi, sudut geser dalam, modulus young, poisson ratio, berat
tanah kering, dan berat tanah jenuh. Data beton mencakup kualitas beton, kuat tekan
beton, dan juga poisson ratio. Dimensi dinding penahan tanah menggunakan desain
dengan ukuran tinggi 5m ,lebar atas 0.3m, lebar tapak 2.5m dan tinggi tapak 0.5m.
Dari analisis menggunakan program plaxis didapatkan nilai faktor aman dari desain
dinding penahan tanah sebesar 1.654. Dengan demikian desain dinding penahan
tanah sudah aman karena sudah melebihi standar nilai faktor aman sebesar 1.5.