Analisis Strategi Membangun Keunggulan Bersaing UMKM Seraci Batik Betawi Binaan PT PJB UP Muara Tawar.
Abstract
Seraci Batik Betawi merupakan salah satu usaha kerajinan Batik Betawi yang
cukup berkembang. Batik Betawi memiliki prospek yang bagus untuk dapat
bersaing dengan batik-batik lain yang ada di Indonesia. Namun, batik Betawi Seraci
memiliki berbagai persoalan dan tantangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
merumuskan strategi meraih keunggulan kompetitif yang dapat diterapkan oleh
UMKM Batik Betawi Seraci dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan,
peluang dan ancaman untuk menghadapi persaingan bisnis batik. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis lingkungan internal menggunakan
pendekatan Porter’s Diamond Model dan analisis lingkungan eksternal
menggunakan pendekatan Porter’s Five Force, kemudian dibuat alternatif strategi
menggunakan analisis SWOT dan dipilih strategi terbaik menggunakan Analisis
Hierarki Proses (AHP). Hasil dari penelitian ini yaitu strategi yang dapat diterapkan
oleh Seraci Batik Betawi adalah pengembangan produk dengan skor sebesar 0.363.
Collections
- UT - Management [3354]