Analisis Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan terhadap Produk Newspaper Craft CV Salam Rancage, Bogor.
Abstract
CV Salam Rancage industri kreatif sektor kriya memproduksi newspaper
craft dari limbah koran bekas. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi
karakteristik pelanggan, (2) menganalisis tingkat kepentingan dan kinerja
pelanggan terhadap dimensi kualitas produk, (3) menganalisis deskripsi loyalitas
pelanggan, dan (4) menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan.
Metode penarikan sampel yang digunakan adalah metode sensus dengan analisis
data menggunakan analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA),
Customer Satisfaction Index (CSI) dan Regresi Linier Berganda. Berdasarkan
perhitungan menggunakan CSI, secara keseluruhan pelanggan CV Salam Rancage
sangat puas dengan pelayanan yang diberikan. Hasil perhitungan uji F, kepuasan
pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan
sebanyak 52.8%. Sedangkan berdasarkan uji T, variabel yang memiliki pengaruh
positif terhadap loyalitas pelanggan adalah variabel durability karena memiliki
Pvalue paling kecil 0.01 dan memiliki Thitung paling besar dibanding dengan variabel
lainnya sebesar 3.719.
Collections
- UT - Management [3359]