Pengaruh Iklan Pesaing, Ketidakpuasan Konsumen dan Variety Seeking terhadap Keputusan Perpindahan Merek Teh Botol Sosro (Studi Kasus Konsumen Kota Bogor)
Abstract
Semakin banyak dan beragamnya produk teh siap minum yang ditawarkan
oleh berbagai perusahaan minuman akan menyebabkan konsumen memiliki
banyak pilihan produk untuk dibeli dan dikonsumsi. Hal tersebut dapat
menyebabkan konsumen melakukan perpindahan merek. Tujuan dari penelitian
ini yaitu mengindentifikasi karakteristik konsumen, kemudian menganalisis
pengaruh iklan pesaing, ketidakpuasan konsumen dan variety seeking terhadap
keputusan perpindahan merek serta menganalisis faktor yang paling berpengaruh
dalam keputusan perpindahan merek Teh Botol Sosro di Kota Bogor. Data
penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan
melalui kuesioner dan data sekunder diperoleh dari studi pustaka. Data dianalisis
menggunakan analisis deskriptif dan Sturctural Equation Modeling. Hasil analisis
menunjukkan bahwa iklan pesaing, ketidakpuasan konsumen dan variety seeking
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan perpindahan
merek. Faktor yang paling berpengaruh dalam keputusan perpindahan merek Teh
Botol Sosro di Kota Bogor adalah variety seeking.
Collections
- UT - Management [3442]