Evaluasi Penggunaan E-Money terhadap Produktivitas Layanan dan Antrian pada Jalan Tol
Abstract
Kebijakan elektronifikasi keluar sebagai solusi dari berbagai macam
permasalahan di jalan tol salah satunya kemacetan karena lambatnya layanan
transaksi. Seiiring dengan pertumbuhan kendaraan di Indonesia khususnya di jakarta
dan juga peningkatan pengguna jalan tol membuat jalan tol semakin padat dilalui oleh
kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis produktivitas layanan
transaksi pada gardu tol setelah elektronifikasi dan menganalisis model serta sistem
antrian setelah elektronfikasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis
deskriptif dengan pengujian data menggunakan uji t-test dua sampel berpasangan dan
perhitungan baku model antrian. Produktivitas layanan masih unggul pada sebelum
kebijakan namun dengan penggunaan e-money membuat masyarakat cenderung
untuk menggunakan tol lebih intensif. Metode antrian pada gerbang tol Cililitan
adalah single-channel, single phase atau M/M/1 dan kecepatan layanan, penggunaan
e-money lebih cepat meskipun belum menunjukan dampak yang signifikan.
Collections
- UT - Management [3354]