Strategi dan Model Pengembangan Bisnis Berkelanjutan pada Usaha Kerajinan Batik CV. Tobal Batik Pekalongan
Abstract
CV. Tobal Batik ingin memasuki pasar ekspor namun terjadi perubahan
selera pada konsumen global yang lebih menyukai produk ramah lingkungan.
Pengembangan model bisnis yang berkelanjutan merupakan upaya untuk mengatasi
kondisi tersebut tersebut karena pengembangan bisnis dilakukan dengan
memerhatikan faktor lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi
faktor internal dan eksternal lingkungan bisnis menggunakan matriks evaluasi
faktor internal dan eksternal (IFE, EFE), merumuskan strategi alternatif
menggunakan matriks SWOT, mengambil keputusan strategi yang dijalankan
melalui penilaian QSPM, dan merencanakan model bisnis yang berkelanjutan
menggunakan Model Bisnis Kanvas. Hasil penelitian berupa strategi yang
direkomendasikan pada model bisnis yang berkelanjutan yaitu membangun
kemitraan dengan komunitas.
Collections
- UT - Management [3476]