Rancangan Hidrolika Bangunan Pembawa pada Sistem Drainase Jalan Tol
Abstract
Bangunan pembawa pada sistem drainase jalan tol berfungsi untuk
mengalirkan air limpasan di sepanjang jalan tol. Tujuan penelitian ini adalah
mengevaluasi dan merancang dimensi hidrolika bangunan pembawa dengan debit
rancangan tertentu. Tiga parameter penentuan debit rancangan yaitu, koefisien
limpasan (C), intensitas hujan (i) dan luas catchment area. Penelitian ini dilakukan
di tiga objek, yaitu dua objek terbangun dan satu objek perencanaan. Pada objek I
seluas 575.14 ha, nilai C sebesar 0.22 dan intensitas sebesar 101.34 mm/jam. Pada
objek II seluas 310.72 ha, nilai C sebesar 0.38 dan intensitas sebesar 98.70 mm/jam.
Pada objek III dengan luasan 257 ha, nilai C sebesar 0.38 dengan intensitas 110.14
mm/jam. Nilai debit rancangan pada objek I, II, dan III masing-masing sebesar
35.26 m3/det, 32.31 m3/det, dan 29.90 m3/det. Berdasarkan pola aliran dan
topografi, tipe bangunan pembawa adalah gorong-gorong (culvert). Hasil evaluasi
menunjukkan bahwa dimensi culvert I telah memadai yaitu sebesar 4m x 3m,
sedangkan dimensi culvert II tidak memadai karena lebih kecil dari 3.5m x 2.5m.
Dimensi culvert III disarankan sebesar 3.5m x 2.4m.