Manajemen Biaya pada Usaha Kerajinan Kulit Kerang Mitra Binaan CSR PT PJB UP Muara Tawar Bekasi
Abstract
Suatu usaha memiliki tujuan yaitu memaksimumkan laba. Penelitian dilakukan pada salah satu mitra binaan CSR PT PJB UP Muara Tawar Bekasi yaitu usaha kerajinan kulit kerang Taruma Jaya yang memproduksi lampu hias ukuran kecil dan besar sebagai produk utama, serta paket souvenir bros sebagai produk sampingan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi biaya yang dikeluarkan oleh usaha, (2) menghitung harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing, (3) menghitung perlakuan biaya terhadap produk cacat dan produk sampingan, (4) menganalisis cost voume profit pada usaha, (5) menganalisis strategi pemasaran pada usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya yang dikeluarkan oleh pelaku usaha yaitu biaya bahan baku dan tenaga kerja langsung. Harga pokok produksi menurut metode full costing lebih tinggi daripada harga pokok produksi menurut pelaku usaha. Produk yang kemungkinan cacat memiliki harga jual lebih tinggi. Produk sampingan tidak memengaruhi harg ajual produk utama. Margin kontribusi tertinggi yaitu pada paket souvenir bros. Volume titik impas dicapai ketika pelaku usaha memproduksi sejumlah 3 unit lampu hias ukuran kecil, 2 unit lampu hias ukuran besar, dan 1 paket souvenir bros. Alternatif strategi pemasaran yang dapat dilakukan yaitu strategi SO, WO, ST, WT.
Collections
- UT - Management [3443]