Analisis Tingkat Kepuasan UMKM Pengguna Model Pembiayaan Peer-to-Peer (P2P) Lending
View/ Open
Date
2018Author
Adriana, Laksmita Kartika
Suryawati, Rindah Febriana
Andrianto, M. Syaefudin
Metadata
Show full item recordAbstract
Peer-to-peer (P2P) lending adalah suatu model pembiayaan berbasis
teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik UMKM
peminjam dan tingkat kepuasan UMKM terhadap jasa perusahaan peer-to-peer
(P2P) lending. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance
Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan karakteristik mayoritas peminjam
dari penyelenggara peer-to-peer (P2P) lending adalah dengan lama usaha yang
dijalankan 1-4 tahun, berdomisili di Jakarta, jenis usaha perdagangan dengan
bentuk usaha yang berbasis online dan pendapatan pertahun Rp300 juta - Rp2.5
miliar. Hasil perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) menunjukkan dimana
secara keseluruhan peminjam sudah sangat puas (84.86 persen). Atribut yang
harus diperbaiki yaitu atribut pada Kuadran I (tingkat bunga, ketepatan waktu
proses transaksi, akurasi informasi, jumlah dana pinjaman, kecepatan pihak
perusahaan dalam merespon dan memproses keluhan atau masalah yang timbul,
kecepatan petugas pelayanan, dan pelayanan yang menyesuaikan dengan keadaan
individu).
Collections
- UT - Management [3476]