Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Inap BPJS Mandiri di Rumah Sakit Marinir Cilandak
Abstract
Fasilitas kesehatan merupakan salah satu bentuk pelayanan publik yang
menjadi tanggung jawab pemerintah. Rumah sakit adalah salah satu fasilitas
kesehatan yang dituntut untuk selalu memberikan pelayanan yang aman, bermutu,
dan terjangkau karena hal ini berkaitan erat dengan kepuasan. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis tingkat kualitas pelayanan, menganalisis faktor yang
menjadi prioritas untuk diperbaiki dalam kualitas pelayanan, serta memberikan
rekomendasi yang tepat dalam peningkatan kualitas pelayanan. Jenis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode
pengolahan dan analisis yang digunakan adalah analisis kesenjangan dan tabulasi
silang. Hasil analisis kesenjangan terdapat atribut yang menjadi prioritas untuk
diperbaiki dengan nilai kesenjangan terbesar. Hasil tabulasi silang menunjukan
perlunya perbaikan pada keterampilan perawat dan pelayanan keseluruhan guna
menumbuhkan rasa senang pada pasien.
Collections
- UT - Management [3476]