Segmentasi Pasar dan Preferensi Pengunjung terhadap Paket Agrowisata Sabisa Farm
Abstract
Sabisa Farm adalah usaha yang berkembang dari memproduksi dan
memasarkan produknya sendiri menjadi usaha yang juga menawarkan suatu konsep
agrowisata sehingga membuat pengunjung yang datang sangat bervariasi. Dengan
pengunjung yang variatif tersebut, dibutuhkan analisis segmentasi pasar dan
analisis preferensi pengunjung untuk memahami kebutuhan dan keinginan seluruh
pengunjung yang datang sehingga terbentuk kombinasi harga, produk jasa, dan
fasilitas yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi profil
pengunjung Sabisa Farm berdasarkan segmentasi demografis, geografis, dan
perilaku serta menganalisis segmentasi pasar berdasarkan segmentasi psikografis.
Penelitian ini juga menganalisis preferensi pengunjung terhadap paket agrowisata
Sabisa Farm. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis
deskriptif, analisis cluster dan analisis konjoin. Hasil analisis cluster menghasilkan
3 cluster yaitu: loyal visitor, special visitor, dan potential visitor. Sedangkan hasil
analisis konjoin menghasilkan atribut produk jasa terpenting dengan tingkatan
harga Rp30 001-Rp40 000, tingkatan produk jasa terlengkap yang terdiri dari tur
Sabisa Farm, panen buah naga, konsumsi produk olahan dan membuat buket
sayuran atau buah serta tingkatan fasilitas terlengkap yaitu pemandu wisata,
cinderamata, dan cetak foto.
Collections
- UT - Management [3443]