Strategi Membaca Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Bogor, Jawa Barat.
View/ Open
Date
2018Author
Fathyaa, Aurora
Suryobroto, Bambang
Widayati, Kanthi Arum
Metadata
Show full item recordAbstract
Membaca merupakan salah satu proses penting dalam belajar. Siswa
mendapatkan informasi dan ide baru dari teks dengan membaca. Pemahaman
membaca didukung dengan pemakaian strategi yang baik. Penelitian ini menilai
seberapa sering siswa memakai strategi dalam membaca dan pengaruhnya terhadap
kemampuan akademik mereka di sekolah.
Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 97 siswa laki-Iaki dan 159 siswa
perempuan (n=256). Penilaian mengenai pemakaian strategi membaca
menggunakan kuisioner Metacognitive Awareness of Reading Strategies Inventory
(MARS!) versi bahasa Indonesia. Siswa menilai pemyataan pada kuisioner dengan
memakai skala 1 sampai 5. Rataan nilai yang didapat disebut sebagai skor MARS!.
Siswi perempuan memiliki skor MARSI yang lebih tinggi daripada siswa laki-Iaki.
Siswa dilaporkan cenderung menggunakan strategi membaca yang berorientasi
pemecahan masalah saat membaca. Strategi membaca dilaporkan membantu
kemampuan akademik siswi perempuan dari kelas ilmu sosial, sementara hasil
sebaliknya dilaporkan pada siswi perempuan dari kelas ilmu alamo