Analisis Strategi Pengembangan dan Model Bisnis Agrowisata D’Kandang Amazing Farm Depok
Abstract
Agrowisata merupakan aktivitas yang memadukan kegiatan pertanian dengan
kegiatan pariwisata. Salah satu agrowisata yang terdapat di Jabodetabek adalah
D’Kandang Amazing Farm Depok. D’Kandang Amazing Farm merupakan
pendatang baru dalam bisnis agrowisata. D’Kandang Amazing Farm mengalami
penjualan yang belum stabil setiap bulannya. Oleh karena itu, D’Kandang Amazing
Farm membutuhkan strategi pengembangan bisnis serta pengembangan model
bisnis yang tepat untuk mengatasi persaingan bisnis agrowisata serta penjualan
yang belum stabil. Analisis lingkungan eksternal menggunakan matriks EFE dan
analisis lingkungan internal menggunakan matriks IFE, perumusan alternatif
strategi menggunakan matriks SWOT, dan penentuan strategi menggunakan
QSPM. Alternatif strategi yang dipilih berdasarkan hasil pengolahan QSPM adalah
diversifikasi produk pelatihan pertanian serta pengembangan produk dan jasa.
Terdapat proposisi nilai baru pada model bisnis yaitu pelatihan pertanian,
pengembangan materi wisata edukasi, dan pengembangan layanan jasa.
Collections
- UT - Management [3354]