Pengaruh Kesadaran Materi Pendidikan Konsumen, Sumber Informasi, dan Kelompok Acuan terhadap Perilaku Konsumen Cerdas pada Siswa SMA.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran materi pendidikan konsumen, sumber informasi, dan kelompok acuan terhadap perilaku konsumen cerdas pada siswa SMA, serta menganalisis perbedaan variabel tersebut di wilayah Kabupaten Bogor dan Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dan melibatkan dua Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berada di wilayah kabupaten dan Kota Bogor. Pemilihan lokasi dilakukan secara purposive dengan pertimbangan sekolah tersebut menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan menggunakan Buku Sekolah Elektronik (BSE). Teknik penarikan contoh menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel 129 siswa SMA, 68 siswa SMA di Kabupaten Bogor dan 61 siswa SMA di Kota Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada perilaku konsumen cerdas di kedua wilayah. Pengetahuan objektif tentang kewajiban konsumen dan kelompok acuan (dimensi pengalaman) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumen cerdas pada siswa SMA.