Perilaku Gizi Konsumen Minuman Teh Kemasan.
Abstract
Produk minuman teh kemasan merupakan jenis minuman manis yang semakin berkembang dalam segi pertumbuhan produk dan konsumsi. Pengetahuan gizi akan mempengaruhi sikap dan perilakunya dalam memilih makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik produk dan nilai gizi, pengetahuan produk dan gizi, sikap gizi dan sikap konsumen, serta praktik konsumsi minuman teh kemasan. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan memberikan kuesioner pada konsumen minuman teh kemasan dan observasi langsung pada produk minuman teh kemasan. Responden dipilih menggunakan metode purposive sampling. Responden penelitian berjumlah 101 orang dengan kriteria inklusi pernah atau sering mengonsumsi minuman teh kemasan produk S dan F. Rata-rata kandungan energi S 40 Kcal/100mL dan F 35 Kcal/100 mL. Sebagian besar responden memiliki pengetahuan gizi kurang (47.5%) dan sikap gizi yang baik (63.4%). Pengetahuan produk mengenai S lebih baik dibandingkan F. Sikap konsumen terhadap produk S dan F termasuk kategori baik. Terdapat hubungan yang cukup signifikan dan searah antara pengetahuan gizi dan sikap gizi (P<0.05;r=0.295). Terdapat hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan frekuensi konsumsi minuman teh kemasan, kopi, dan minuman berkarbonasi (P<0.05). Frekuensi konsumsi laki-laki cenderung lebih sering dibandingkan perempuan.
Collections
- UT - Nutrition Science [2987]