Strategi Pengembangan Usaha Restoran Ragusa Es Krim Italia DKI Jakarta
Abstract
Bisnis kuliner merupakan bisnis yang sedang berkembang pesat.
Perkembangan yang pesat ini menyebabkan meningkatnya persaingan usaha yang
terjadi pada bisnis kuliner. Ragusa Es Krim Italia sebagai salah satu bisnis kuliner
tertua di Jakarta harus menentukan strategi untuk tumbuh dan bersaing dalam bisnis
kuliner. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi
pengembangan Restoran Ragusa Es Krim Italia. Strategi pengembangan
diformulasikan dengan menganalisis matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, dan
matriks SWOT. Respoden pada penelitian ini adalah pemilik usaha, pelaksana
operasinal, dan staff keuangan. Hasil dari matriks IE menunjukkan Restoran
Ragusa Es Krim Italia mimiliki kondisi internal yang sedang dan kondisi eksternal
yang sedang, serta dikategorikan kedalam tahapan ‘hold and maintain. Hasil
penelitian ini juga merumuskan lima strategi pengembangan Restoran Ragusa Es
Krim Italia.
Collections
- UT - Agribusiness [4611]