Strategi Peningkatan Kinerja Pemasaran Pada Pelabuhan Krueng Geukueh Lhokseumawe Aceh Utara
Abstract
Pelabuhan Kreung Geukueh berada di lokasi yang sangat strategis yaitu di
lintas Selat Malaka yang merupakan jalur laut tersibuk sehingga memudahkan
kapal untuk singgah dan melakukan aktivitas ekspor maupun impor. Namun
Pelabuhan Krueng Geukueh justru tidak beroperasi secara optimal dikarenakan
sedikitnya konsumen yang disebabkan oleh rendahnya kinerja pada Pelabuhan
Krueng Geukueh. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
alternatif strategi pemasaran untuk meningkatkan kinerja pemasaran pada
Pelabuhan Krueng Geukueh. Analisis data menggunakan metode servqual,
analisis IE, IFE, EFE, SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan terdapat
masalah pada kinerja pelayanan konsumen yaitu pelayanan yang diharapkan
konsumen belum sepenuhnya dapat dipenuhi oleh Pelabuhan Krueng Geukueh.
Strategi yang dapat digunakan Pelabuhan Krueng Geukueh untuk meningkatkan
kinerja pemasaran adalah dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk
merebut peluang yang ada, dan memperbaiki kelemahan untuk menarik peluang.
Kekuatan dan peluang utama adalah lokasi pelabuhan yang strategis ; dan
Pelabuhan Krueng Geukueh mendapat dukungan penuh dari pemerintah.
Sedangkan kelemahannya adalah fasilitas yang dimiliki belum modern.
Collections
- UT - Management [3455]