Pendekatan SMART dalam Business Model Canvas Pada Bisnis Laksa Kang Dadi dan Halal Chinese Food.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi model yang sedang
dijalani oleh Laksa Kang Dadi dan Halal Chinese Food dan menentukan strategi
bersaing yang cocok dengan merancang model bisnis yang baru menggunakan
Business Model Canvas. Teknik penelitian menggunakan non probability sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian adalah dengan wawancara kepada pemilik
usaha dan 30 pelanggan Laksa Kang Dadi dan Halal Chinese Food. Hasil penelitian
menunjukkan pilihan strategi bisnis yang tepat untuk Laksa Kang Dadi dan Halal
Chinese Food dimasing-masing blok bangunan. Elemen customer segment terdiri
dari kelompok pencinta makanan khas Bogor. Elemen value propositions
memberikan penyesuaian produk yang beragam. Elemen channel diperlukan
penambahan layanan delivery makanan. Elemen customer relationships diperlukan
untuk penyediaan tempat sampah. Elemen revenue streams berasal dari penjualan
produk. Elemen key resources terdiri dari sumber daya fisik, sumber daya manusia
dan sumber daya finansial. Elemen key activities pada proses produksi. Elemen
key partnerships berasal dari banyak pemasok, maka diperlukan pemasok tetap
untuk penyediaan bahan baku. Sedangkan elemen terakhir yakni elemen cost
structure terdiri dari biaya produksi dan biaya operasional.
Collections
- UT - Management [3442]