Konsumsi Pangan, Aktivitas Fisik dan Prestasi Belajar pada Anak dengan Status Gizi Kurus, Normal dan Gemuk.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsumsi pangan, aktivitas fisik, dan prestasi belajar anak sekolah dasar dengan status gizi kurus, normal dan gemuk. Desain penelitian ini adalah Cross sectional study. Contoh penelitian ini terdiri dari 24 anak status gizi kurus, 52 anak normal dan 34 anak gemuk yang dipilih secara purposive di SDN Pengadilan 3 dan 5 kota Bogor serta SDN Ciampea 1 dan 2 Kabupaten Bogor. Hasil uji statistik menunjukan bahwa asupan energi, protein, lemak dan karbohidrat (p<0.000) contoh normal lebih rendah daripada contoh gemuk dan lebih tinggi daripada contoh kurus. Terdapat hubungan yang signifikan positif antara asupan energi (p=0.000, r=0.748), protein (p=0.000, r=0.674), lemak (p=0.000, r=0.545) dan karbohidrat (p=0.000, r=0.524) dengan status gizi. Sebagain besar tingkat aktivitas fisik contoh tergolong rendah (60.0%), namun tidak terdapat hubungan antara tingkat aktivitas fisik (p=0.637) dengan status gizi. Terdapat hubungan yang positif antara prestasi belajar dengan status gizi (p=0.011, r= 0.240).
Collections
- UT - Nutrition Science [2865]