Pengaruh Sumber Pengetahuan Konsumen Non-Business Controlled Terhadap Keputusan Penggunaan Direktori Kuliner Online Zomato.
Abstract
Bertumbuhnya industri kuliner di Indonesia saat ini membuka peluang untuk mengembangkan direktori kuliner online. Salah satunya adalah Zomato. Berdasarkan potensi ini, formulasi strategi pemasaran memerlukan sumber pengetahuan yang tidak dapat dikontrol perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi karakteristik pengguna dan hubungannya dengan keputusan penggunaan Zomato; (2) Mengidentifikasi sumber pengetahuan yang relevan; dan (3) Menganalisis pengaruhnya terhadap keputusan penggunaan Zomato. Penelitian ini menunjukkan pengguna Zomato adalah generasi millenials. Jenis kelamin dan pengeluaran untuk makan per bulan berhubungan dengan keputusan penggunaan Zomato. Analisis regresi logistik menyatakan teman, idola, forum internet, buletin board, dan publikasi pemerintahan merupakan sumber pengetahuan yang relevan dengan keputusan penggunaan Zomato. Responden yang sangat setuju mengetahui Zomato melalui teman dan publikasi pemerintahan serta yang mengetahui Zomato melalui idola cenderung menggunakan aplikasi daripada kategori lainnya. Responden yang tidak setuju mengetahui Zomato dari forum internet dan responden yang mengetahui Zomato melalui bulletin board cenderung menggunakan website.
Collections
- UT - Management [3388]