Pengaruh Viral Marketing terhadap Brand Equity dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Ulang (Studi Kasus Pada Media Sosial Adorable Project).
Abstract
Pada era digital, sebagian besar perusahaan beralih untuk melakukan
kegiatan bisnisnya melalui jaringan internet dengan melakukan kegiatan promosi
yang memanfaatkan media sosial dan berdampak pada terjadinya viral marketing.
Salah satunya adalah Adorable Project yang merupakan local brand fashion
paling diminati di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis
karakteristik responden konsumen pada media sosial Adorable Project,
menganalisis pengaruh viral marketing terhadap brand equity (brand awareness,
brand image, perceived quality), dan menganalisis pengaruh viral marketing
terhadap keputusan pembelian (current dan future repurchase). Metode analisis
yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis Structural Equation
Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
viral marketing mempengaruhi secara signifikan terhadap seluruh variabel laten
brand equity dan berpengaruh tidak langsung terhadap current purchase dan
future repurchase.
Collections
- UT - Management [3354]