Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Penanaman Modal terhadap Kinerja Karyawan Deputi Pelayanan BKPM.
View/ Open
Date
2017Author
Oktavia, Permata Kusuma Dewi
Rahmawati, Siti
Metadata
Show full item recordAbstract
Upaya yang dilakukan BKPM untuk mengetahui kualitas pelayanannya adalah melalui penanganan pengaduan masyarakat. Peningkatan data pengaduan yang masuk pada Tahun 2015 dan tahun 2016 menyebabkan perlu adanya peningkatan kinerja, yaitu melalui Diklat. Untuk mengetahui dampak Diklat diperlukan evaluasi pasca pelatihan menggunakan Model Kirkpatrik. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis evaluasi pada tingkat reaksi, tingkat pembelajaran, tingkat perilaku, dan tingkat hasil di BKPM; (2) Menganalisis Kinerja Deputi Pelayanan sebelum dan sesudah Diklat Penanaman Modal. Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada tingkat reaksi rata-rata tingkat kepuasan peserta Diklat adalah sangat puas. Pada tingkat Pembelajaran terjadi peningkatan pada pengetahuan, keterampilan,dan sikap. Pada tingkat perilaku peserta selalu menerapkan materi Diklat. Pada tingkat hasil perubahan yang kecil adalah memahami perizinan dan non perizinan; (2) Hasil uji-t berpasangan menunjukkan perbedaan nilai kinerja sebelum dan setelah diklat
Collections
- UT - Management [3442]