Desain dan Kinerja Roda Besi Bersirip dengan Mekanisme Sirip Reversible untuk Mendaki Lereng
Abstract
Lahan padi di daerah upland mempunyai pematang yang curam antar petakan
lahan. Ini menyulitkan traktor roda dua untuk berpindah dari satu petak ke petak
lain di atasnya. Tujuan penelitian ini untuk mendesain dan menguji kinerja roda
besi bersirip dengan sudut sirip yang dapat membalik untuk melintasi lereng dengan
menggunakan traktor tangan. Plat sirip roda dapat diputar dengan menggunakan
suatu mekanisme, sehingga sudut sirip dapat diatur 0°, 15°, 30°, 45° dan -15°.
Pengujian kinerja traksi prototipe roda dilakukan pada lintasan lereng sudut
kemiringan 15o, 30o dan 45o. Kecepatan linear, torsi di poros roda, kecepatan putar
dan ketenggelaman roda diukur menggunakan sensor dan perekam data selama
pengujian kinerja. Hasil pengujian pada lereng 45o menunjukkan bahwa roda sirip
dengan sudut sirip -15o menghasilkan efisiensi traksi tertinggi (93.831%). Untuk
mendaki lereng, roda sirip dengan sudut sirip yang lebih kecil (0o dan -15o)
menghasilkan efisiensi traksi yang lebih tinggi dan slip yang lebih kecil daripada
menggunakan sudut sirip yang lebih besar. Roda sirip reversible dengan sudut sirip
yang kecil, memiliki kinerja pendakian yang lebih baik daripada roda konvensional
bersirip kaku.