Analisis Pengaruh Event Terhadap Citra Merek Majalah Femina
Abstract
Industri media cetak berhadapan dengan persaingan bisinis semakin berat
dengan munculnya media online. Media online memberikan kemudahan
mengakses informasi. Media cetak memanfaatkan media online sebagai penyedia
informasi dan sebagai media promosi. Femina merupakan salah satu media cetak
Indonesia yang melakukan penggabungan antara media cetak dan media online.
Femina melakukan komunikasi pemasaran, salah satunya adalah event. Penelitian
ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi peserta event Femina, (2) Menganalisis
persepsi peserta event Femina terkait pelaksanaan event, dan (3) Menganalisis
pengaruh event terhadap citra merek Majalah Femina. Penarikan sampel dilakukan
dengan quota sampling. Responden berjumlah 41 orang dengan event yang
menjadi penelitian antara lain, Aksi Sehat Seru bersama Mama Lime dan Femina,
dan Enchaunter L’amour Extraordinare. Pengolahan dan analisis data
menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan software SmartPLS 2.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas karakteristik responden sesuai
dengan segmentasi pembaca Majalah Femina dan persepsi peserta event terhadap
event Femina sudah baik. Keunikan dan suasana pelayanan memiliki pengaruh
signifikan terhadap citra merek Majalah Femina.
Collections
- UT - Management [3459]