Analisis Faktor-faktor Keputusan Pembelian Tolak Angin sachet di Kota Bogor
Abstract
Keputusan pembelian oleh konsumen terhadap suatu produk melalui sebuah
proses dan dipengaruhi banyak faktor. Persaingan begitu ketat dan dinamis saat
ini membuat perusahaan memainkan strategi pemasaran handal dan mampu
menarik minat konsumen, termasuk pemasaran obat herbal. Tolak Angin adalah
satu dari sekian produk obat herbal yang telah lama memasuki pasar obat herbal di
Indonesia. Kota Bogor memiliki ciri khas cuaca dengan frekuensi curah hujan
tinggi, sehingga memiliki potensi timbulnya gangguan kesehatan seperti masuk
angin. Tujuan penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi
keputusan pembelian produk Tolak Angin di Kota Bogor dan menganalisis faktor
paling berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk Tolak Angin
di Kota Bogor. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah proportional
sampling dengan 100 responden dan diolah dengan Statistical Package for Social
Science (SPSS) versi 21. Analisis dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas,
analisis deskriptif dan analisis faktor. Hasil analisis menunjukan dari 14 peubah
yang diuji, terbentuk lima faktor utama yang menjadi faktor dalam keputusan
pembelian. Peubah paling berpengaruh adalah efisiensi dan manfaat produk.
Collections
- UT - Management [3354]