Solusi Mencapai Business Excellence dengan Pendekatan Business Process Reengineering dan Strategi Peningkatan Keunggulan Kompetitif PT Asuransi XYZ
Abstract
Tingginya persaingan perusahaan asuransi di dunia menyebabkan adanya
upaya untuk mencapai business excellence dengan pendekatan Business Process
Reengineering (BPR). Kendala pencapaian service excellence menyebabkan
timbulnya upaya perusahaan untuk merumuskan strategi jangka panjang. Tujuan
penelitian (1) mengidentifikasi proses bisnis setiap section yang tidak mencapai
target, (2) menganalisis akar masalah dan penetapan solusi yang tepat, dan (3)
merumuskan dan menetapkan strategi kompetitif jangka panjang. Alat analisis yang
digunakan adalah Five Why’s Analysis dan Analytical Hierarchy Process (AHP).
Hasil rekomendasi BPR dengan menggunakan sistem informasi manajemen yang
terbarukan yakni System Application and Product (SAP), Decision Support System
(DSS), sistem infromasi manajemen, dan menambah kewenangan. Hasil penerapan
strategi dilakukan dengan resource allocation dengan menjalankan seluruh strategi.
Urutan yang terbentuk adalah (1) strategi evaluasi business process secara total, (2)
strategi pengembangan bisnis secara global, dan (3) strategi peningkatan intensitas
customer relationship.
Collections
- UT - Management [3374]