Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Listrik Pascabayar dan Listrik Prabayar terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT PLN (Persero) Area Ciputat
Abstract
PT PLN (Persero) merupakan badan usaha milik negara (BUMN) yang
mengurus semua aspek kelistrikan di Indonesia selama 44 tahun, berfungsi
meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan berorientasi pada kepuasan
pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepentingan dan
tingkat kepuasan pada listrik pascabayar maupun listrik prabayar, hubungan
karakteristik dengan kepuasan pelanggan dan perbedaan kepuasaan pelanggan
terhadap kualitas pelayanan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis
deskriptif, Importance Performace Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index
(CSI), Chi Square dan Uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atributatribut
yang terdapat pada kuadran A Importance Performance Matrix perlu
diperbaiki sehingga kepuasan pelanggan meningkat, nilai CSI program listrik
pascabayar maupun program listrik prabayar dinilai telah memuaskan pelanggan,
hasil uji Chi-Square diketahui adanya korelasi jenis kelamin dengan kepuasan
pada pelanggan listrik prabayar dan hasil uji T-test diketahui kepuasan
pelanggan listrik prabayar lebih tinggi dibandingkan kepuasan pelanggan listrik
pascabayar.
Collections
- UT - Management [3476]