Analisis Sensitivitas Respon Konsumen terhadap Strategi Perluasan merek Zoya
Abstract
Salah satu strategi merek adalah perluasan merek yaitu penggunaan merek
yang sudah mapan sebelumnya untuk memperkenalkan produk baru. Salah satu
merek yang mengalami perluasan adalah Zoya. Zoya mengalami perluasan dari
Zoya Fashion ke Zoya Cosmetics. Akibat dari perluasan merek ini adalah merek
ini adalah konsumen mungkin akan memberikan perhatian, minat, keinginan,
keyakinan, bahkan mungkin melakukan pembelian terhadap produk Zoya
Cosmetics. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa
besar sensitivitas dan respon konsumen terhadap kehadiran produk Zoya
Cosmetics. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis
sensitivitas respon. Hasil penelitian menunjukkan sensitivitas respon konsumen
sebesar 1,12 dan masuk dalam kategori sensitif. Perubahan stimuli perluasan
merek dari Zoya Fashion ke Zoya Cosmetics berdasarkan atribut produk dan
tahapan hierarchy of effect menunjukkan nilai negatif 209. Nilai negatif
menunjukkan bahwa stimuli yang melekat pada Zoya Cosmetics mendapat respon
yang lebih rendah dibandingkan dengan Zoya Fashion yang sudah ada
sebelumnya.
Collections
- UT - Management [3443]