Pengaruh Media Sosial terhadap Brand Equity dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Studi Kasus Fanspage Facebook Hijab Elzatta)
Abstract
Saat ini media sosial menjadi media yang paling populer digunakan pelaku bisnis untuk menguatkan brand equity dan Facebook masih menjadi media sosial yang paling banyak digunakan. Namun, dari data statistik yang sudah diteliti, keaktifan pemakaian pengguna Facebook mulai menurun. Dengan melihat permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan mencari tahu apakah Facebook masih efektif menguatkan brand equity dan berapa besarnya signifikansi media sosial terhadap brand equity lalu bagaimana dampaknya terhadap keputusan pembelian dengan studi kasus fanspage Facebook Hijab Elzatta. Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan melibatkan 100 responden. Pengolahan data menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan software SMART PLS versi 3.2.1. Hasil analisis menunjukkan bahwa sosial media berpengaruh secara tidak langsung terhadap current purchase melalui brand awareness dan berpengaruh secara tidak langsung terhadap future purchase melalui brand awareness ke current purchase dan brand image. Hal ini menjawab permasalahan penelitian bahwa ternyata media pemasaran lewat fanspage Facebook masih efektif diandalkan untuk menciptakan brand equity positif pada benak konsumen yang juga memperanguhi keputusan pembelian.
Collections
- UT - Management [3476]