Analisis Kualitas Pembelajaran Organisasi untuk Menilai Kesiapan Penerapan Manajemen Pengetahuan (Studi Kasus PT. X Bogor)
Abstract
Penciptaan dan implementasi pengetahuan merupakan salah satu hal yang mampu
membuat aktifitas perusahaan menjadi lebih produktif. PT X adalah perusahaan
yang memiliki beragam aset pengetahuan berharga pada jenis usaha pembesaran
ayam broiler di Bogor. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara
kualitas pembelajaran organisasi dan kesiapan penerapan manajemen pengetahuan
pada PT X. Pada penelitian ini total responden adalah 32 karyawan. Metode
analisis yang digunakan adalah metode deskriptif, dan analisis structural equation
modeling (SEM) dengan metode Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil
uji dari PLS diperoleh bahwa pembelajaran individu dengan indikator adanya
peluang untuk menerapkan pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan
terhadap pembelajaran organisasi dengan indikator pembelajaran tim. Kemudian
pembelajaran organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
penerapan KM dengan indikator content (isi), namun pengaruh pembelajaran
individu terhadap penerapan KM berpengaruh positif dan tidak signifikan.
Collections
- UT - Management [3476]