Kajian Geometri Non Linier Struktur Jembatan Cable-Stayed (Studi Kasus Jembatan Dr. Ir. Soekarno – Manado)
Abstract
Bentang span dari jembatan cable-stayed modern yang semakin meningkat
menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan dan keandalan dari struktur
jembatan untuk itu diperlukan analisis model yang lebih realistis terhadap struktur.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya kabel optimal dan pengaruh
geometri non linier terhadap deformasi dan kekakuan struktur jembatan Dr. Ir.
Soekarno – Manado. Struktur jembatan yang dimodelkan adalah kabel, menara
(pylon), dek dan bearing. Analisis dilakukan dengan metode statik non linier.
Analisis non linier ditinjau hanya dari efek lengkung pada kabel terutama pada
deformasi dek jembatan dan pylon. Permodelan struktur dilakukan menggunakan
bantuan perangkat lunak CSI Bridge 2016 ver 18.0.1. Berdasarkan hasil penelitian
didapatkan gaya kabel optimal terjadi pada skenario 4b dengan displacement
maksimal sebesar 0.0228 m pada kabel SS11. Nilai kekakuan struktur meningkat
sejalan dengan meningkatnya gaya pada kabel. Nilai kekakuan struktur terjadi pada
skenario 5 dengan nilai kekakuan 235535 ton/m. Deformasi yang terjadi pada
struktur cenderung tidak simetris karena adanya perbedaan kekakuan antara
struktur bagian N dan S.