Analisis Perilaku Struktur Jembatan Cable Stayed Dr. Ir. Soekarno di Manado pada Tahap Konstruksi
Abstract
Jembatan Dr. Ir. Soekarno merupakan jembatan yang dibangun di atas Sungai Tondano, Manado. Proses konstruksi pada jembatan merupakan tahapan yang sangat penting dalam pembuatan jembatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya kekakuan struktur dan gaya dalam yang terjadi pada tahap konstruksi. Metode yang digunakan adalah pemodelan menggunakan CSI Bridge v18 serta analisis kekakuan dan gaya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pada tahap konstruksi nilai kekakuan terbesar terdapat pada tahap ke-1 66385.98 kN/m, sedangkan nilai kekakuan terendah adalah pada saat tahap ke-10 yaitu 4681.66 kN/m. Gaya dalam terdiri dari gaya aksial kabel, displacement dan kapasitas momen. Gaya aksial kabel yang didapatkan berada di bawah 0.75 fpu, sehingga kabel dapat disimpulkan aman pada tahap konstruksi. Nilai displacement terbesar terdapat pada tahap ke-10 yaitu 0.465 m. Displacement mengalami penurunan yaitu menjadi 0.057 m pada saat tahap ke-11. Momen terbesar pada tahap ke-2 yaitu 24799.75 kNm. Nilai displacement dan momen yang didapatkan sesuai dengan SNI T-14-2004, sehingga struktur dapat disimpulkan aman pada tahap konstruksi.