Persepsi Konsumen terhadap Aspek Gizi dan Kesehatan Pangan Organik
View/ Open
Date
2016Author
Akbari, Anggia Dwi
Sulaeman, Ahmad
Palupi, Eny
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji karakteristik, alasan membeli dan persepsi konsumen terhadap aspek gizi dan kesehatan pangan organik. Desain penelitian ini adalah cross sectional dengan total subjek 120, dimana 100 subjek bukan anggota komunitas konsumen organik dan 20 subjek anggota komunitas konsumen organik. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan wawancara langsung dan menggunakan email pada bulan Juli – Agustus 2016. Sebagian besar konsumen pangan organik telah menempuh pendidikan sarjana. Rata-rata pendapatan keluarga konsumen anggota komunitas lebih tinggi dibandingkan bukan anggota komunitas. Sebagian besar bukan anggota komunitas bekerja sebagai PNS dan anggota komunitas bekerja sebagai ibu rumah tangga. Alasan utama pembelian pangan organik ialah kepedulian terhadap kesehatan. Terdapat perbedaan yang signifikan (p<0.05) pada tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, pengeluaran pangan, pengeluaran pangan organik, tingkat pengetahuan pangan organik, perilaku pembelian, dan motivasi antara dua kelompok dan uji korelasi menunjukkan terdapat hubungan tingkat pendapatan, pengeluaran pangan organik dan lama konsumsi dengan persepsi terhadap aspek gizi dan kesehatan pangan organik (p<0.05). Persepsi konsumen ialah kurang terkait pernyataan positif terhadap aspek gizi dan kesehatan pangan organik.
Collections
- UT - Nutrition Science [3001]