Pengaruh Merchandising, Promosi dan Atmosfer dalam Gerai terhadap Impulse Buying di Toserba Selamat Cipayung Bogor
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh Merchandising, Promosi dan Atmosfer dalam Gerai dalam memengaruhi konsumen sehingga melakukan pembelian yang tidak direncanakan. Penelitian yang dilakukan di Toserba Selamat Cipayung ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dan hanya mencakup pada departemen market. Metode penentuan contoh dengan purposive sampling kepada 100 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan semua peubah berpengaruh terhadap keputusan impulse buying, baik secara bersama-sama maupun individual. Peubah yang memiliki pengaruh terbesar adalah atmosfer dalam gerai, diikuti dengan peubah merchandising dan promosi. Hal ini mengindikasikan kenyamanan berbelanja adalah yang utama bagi konsumen. Ketika sebuah gerai atau toko sudah nyaman, maka potensi konsumen untuk menyimak promosi juga lebih besar. Sebaliknya, ketika konsumen merasa tidak nyaman di dalam toko, maka cenderung mengurungkan niatnya berkeliling untuk melihat-lihat tatanan produk.
Collections
- UT - Management [3354]