Analisis Preferensi Konsumen terhadap Atribut Susu Kedelai dan Faktor yang memengaruhi
Abstract
Konsumsi susu yang tinggi di Kota Bogor dan keunggulan protein susu
kedelai membuat susu kedelai menjadi prospek yang tinggi untuk masuk ke pasar
susu. Untuk pemasaran yang akurat, produsen dituntut untuk memahami
preferensi konsumen dalam membeli susu kedelai. Tujuan penelitian ini untuk
mengindentifikasi karakteristik konsumen susu kedelai, menganalisis preferensi
konsumen terhadap atribut susu kedelai dan mengidentifikasi faktor-faktor apa
saja yang memengaruhi preferensi konsumen terhadap susu kedelai yang dilihat
dari dimensi kualitas produk. Penelitian ini menggunakan teknik purposive
sampling dengan responden sejumlah 100. Analisis data menggunakan analisis
deskriptif, analisis konjoin dan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa atribut kemasan merupakan atribut paling penting dan faktor yang
memengaruhi preferensi konsumen dalam keputusan pembelian adalah jaminan
konsumen, dimensi kualitas, keistimewaan, keunikan, kinerja dan keandalan.
Collections
- UT - Management [3354]