Tingkat Penerimaan Media Visual Komik Pedoman Gizi Seimbang dan Pengaruhnya terhadap Pengetahuan Gizi Anak Usia Sekolah di Bogor
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat penerimaan media visual komik
pedoman gizi seimbang dan pengaruhnya terhadap pengetahuan gizi siswa Sekolah
Dasar Negeri di Kota Bogor. Desain penelitian yang digunakan adalah quassy
experimental study pre test post test control group. Responden sekolah dasar
diambil dengan metode purposive sampling, dengan total 71 responden dari dua
sekolah. Pemberian intervensi tidak disertai penjelasan lanjut mengenai media
yang diberikan. Hasil penelitian pada tingkat penerimaan komik secara
keseluruhan, sebanyak 78.1% menyatakan sangat menyukai komik. Terdapat
perbedaan yang signifikan pada peningkatan skor pengetahuan gizi kelompok
perlakuan baik pada pre test - post test 1 dan pre test - post test 2 (p<0.05),
sedangkan pada kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan yang signifikan.
Collections
- UT - Nutrition Science [2865]