Strategi Pengembangan Usaha Rumah Makan Oemah Sambel, Kabupaten Bogor.
View/ Open
Date
2016Author
Ihsan, Muhammad Miftahul
Adhi, Andriyono Kilat
Metadata
Show full item recordAbstract
Rumah Makan Oemah Sambel adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kuliner yang menyediakan makanan dengan aneka jenis sambal khas Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor kunci lingkungan internal dan eksternal usaha, menyusun alternatif strategi potensial, dan menentukan alternatif prioritas strategi. Terdapat tiga responden terpilih yang bertanggung jawab dalam proses pengambilan keputusan. Penelitian ini menggunakan Matriks SWOT sebagai alat analisis kualitatif. Matriks IFE, EFE, IE dan QSP digunakan dalam penelitian ini sebagai alat analisis kuantitatif. Hasil dari analisis menggunakan matriks IFE yaitu perusahaan memiliki kondisi internal yang kuat, sedangkan hasil dari matriks EFE yaitu perusahaan memiliki posisi yang tinggi dalam merespon lingkungan eksternal. Terdapat tujuh alternatif strategi yang dihasilkan dari penggunaan analisis matriks SWOT. Prioritas strategi utama yang dihasilkan dari matriks QSP yaitu meningkatkan promosi dan marketing dengan nilai STAS sebesar 6.876.
Collections
- UT - Agribusiness [4261]