Analisis Persepsi Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Susu Sapi pada J’rami Farm Kebon Pedes Bogor.
Abstract
J’rami Farm merupakan usaha peternakan sapi perah turun temurun yang
berdiri sejak tahun 1980an dengan produk utama susu sapi segar. Beberapa bulan
terakhir J’rami Farm sempat beberapa kali mendapat komplain dari pelanggan.
Untuk itu J’rami Farm ingin mengetahui bagaimana penilaian lainnya dari para
pelanggan. Tujuan penelitian yaitu: (1) Menganalisis persepsi nilai pelanggan dan
loyalitas pelanggan J’rami Farm; (2) Menganalisis pengaruh nilai pelanggan
terhadap loyalitas pelanggan J’rami Farm. Penelitian ini menggunakan metode
sensus. Instrumen penelitian adalah kuesioner dan dianalisis menggunakan
metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan persepsi nilai
pelanggan terbesar adalah price/value for money sedangkan yang terendah adalah
social value. Secara bersamaan nilai pelanggan berpengaruh terhadap
pembentukan loyalitas pelanggan J’rami Farm. Secara parsial hanya price/value
for money memberikan pengaruh pada loyalitas secara signifikan dan merupakan
pemberi pengaruh terbesar diantara emotional value, social value dan
quality/performance. Nilai pelanggan (customer value) yang dapat meningkatkan
loyalitas adalah emotional value, quality/performance dan price/value for money.
Collections
- UT - Management [3388]