Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Golf Bogor.
Abstract
Meningkatnya jumlah wisatawan baik yang berasal dari nusantara maupun
mancanegara yang berkunjung ke Kota Bogor dan Kabupaten Bogor menimbulkan
persaingan para pelaku usaha yang semakin ketat dan kompetitif, salah satunya adalah
perusahaan penyedia jasa layanan olahraga golf (klub golf). Serta adanya dukungan dari
pemerintah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota serta Kabupaten Bogor dalam
mengembangkan wisata golf sebagai salah satu agenda wisata tahunan. Klub Golf Bogor
Raya dan Permata Sentul Golf menerapkan program Customer Relationship Management
sebagai strategi pemasaran jangka panjang tujuannya agar dapat meningkatkan kepuasan
pelanggan dan terciptanya loyalitas pelanggan golf.
Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non-probability
sampling dengan teknik convenience sampling. Penelitian ini menggunakan metode
analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan alternatif Lisrel versi 8.7 dan SPSS
versi 18.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Customer Relationship Management
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan golf. Program
Customer Relationship Management yang paling besar pengaruh signifikannya terhadap
kepuasan dan loyalitas pelanggan golf adalah Continuity Marketing (CM) dengan
masing-masing nilai kontribusi sebesar 0,312 untuk CRM terhadap kepuasan pelanggan
serta nilai kotribusi sebesar 0,192 untuk CRM terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan
pelanggan juga berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan golf.
Collections
- UT - Management [3354]