Analisis Preferensi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Makanan Pada Warung SS, Kota Bogor.
Abstract
Beberapa tahun belakangan ini.Tren kuliner yang berkembang dikalangan
pecinta kulineradalah tren mengonsumsi makanan dengan cita rasa pedas. Adanya
tren tersebut membuat persaingan di bidang usaha kuliner ini semakin ketat. Hal
ini mendorong Warung SS berupaya menciptakan keunggulan bersaing. Tujuan
penelitian ini yaitu: (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen pada Warung SS,
(2) Menganalisis proses keputusan pembelian makanan pada Warung SS, (3)
Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi preferensi konsumen Warung SS.
Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor. Hasil analisis
menunjukkan bahwa karakteristik responden Warung SS didominasi oleh
konsumen yang berjenis kelamin perempuan yang berada pada rentang usia 21-30
tahun. Sebagian besar konsumen yang merupakan pelajar atau mahasiswa ini
memiliki status belum menikah.Konsumen rata-rata berasal dari wilayah
Bogor.Pendidikan terakhir didominasi oleh tingkat sarjana ini memiliki
pendapatan sebesar < Rp2000.000. Faktor yang memengaruhi preferensi
konsumen terdiri dari lima komponen yaitu psikologis dan sarana pendukung,
jaminan & kecepatan pelayanan, kemampuan komunikasi pelayan, bukti fisik dan
reliabilitas. Nilai loading factor terbesar adalah kemampuan komunikasi pelayan.
Collections
- UT - Management [3443]