Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan Terhadap Kepuasan Pengguna Perspektif Dokter RS Hermina Bogor.
Abstract
Kualitas pelayanan merupakan hal yang dapat memengaruhi tingkat kepuasan
pengguna pelayanan. Variabel kualitas pelayanan dapat dihubungkan dengan kepuasan
yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan, Emphaty. Sedangkan
variabel kepuasan yaitu kualitas produk, harga, emosional, dan kemudahan. Responden
penelitian ini adalah Dokter Rumah Sakit Hermina Bogor. Tujuan dari penelitian adalah
menganalisis persepsi Dokter RS Hermina Bogor terhadap kualitas pelayanan BPJS
kesehatan dan tingkat kepuasan program jaminan kesehatan nasional serta menganalisis
pengaruh kualitas pelayanan BPJS Kesehatan terhadap kepuasan Dokter RS Hermina
Bogor. Sumber data primer melalui kuesioner dan data sekunder diperoleh dari kajian
literatur. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi
berganda. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis deskriptif persepsi dokter Rumah
Sakit Hermina Bogor mengenai kepuasan dan kualitas terhadap pelayanan program JKN
menunjukkan bahwa program JKN dinilai belum sesuai penerapannya. Berdasarkan
hasil regresi berganda menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan BPJS Kesehatan
memiliki pengaruh terhadap kepuasan Dokter Rumah Sakit Hermina Bogor.
Collections
- UT - Management [3354]