Pengaruh Green Marketing Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Terhadap Green Behaviour Masyarakat Kota Bogor.
Abstract
Kebijakan kantong plastik berbayar adalah kebijakan yang dibuat oleh
Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mengurangi sampah plastik dan
mendorong gaya hidup ramah lingkungan. Pemasaran kebijakan tersebut dapat
dilakukan dengan proses green marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah
mengidentifikasi respon masyarakat mengenai penggunaan kantong belanja sendiri,
mengidentifikasi persepsi konsumen mengenai kebijakan kantong plastik berbayar
dan mengidentifikasi pengaruh green marketing kebijakan kantong plastik berbayar
terhadap green behaviour di Kota Bogor. Data primer didapatkan melalui kuesioner
dan data sekunder diperoleh dari arsip Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota
Bogor. Data dianalisis dengan menggunakan analisis dekriptif dan structural equation
model. Hasil penelitian menunjukan setelah kebijakan diterapkan, lebih banyak
konsumen yang bersedia mengurangi penggunaan kantong belanja sendiri dan
membawa kantong belanja sendiri. Harga Rp. 200 masih dianggap terlalu murah oleh
konsumen. Proses green marketing yang berpengaruh terhadap green behaviour
secara signifikan adalah know your customer, empowering customer dan reassure the
buyer.
Collections
- UT - Management [3443]