Pengembangan E-Service Catalogue Institut Pertanian Bogor Berbasiskan Itil V3
View/ Open
Date
2016Author
Angin, Sidang Perangin
Nurhadryani, Yani
Hermadi, Irman
Metadata
Show full item recordAbstract
Kebutuhan dan pengelolaan TI menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam
mendukung tugas dan fungsi dari suatu perguruan tinggi. Institut Pertanian Bogor
(IPB) adalah perguruan tinggi yang saat ini mengelola program D3 (17 program
keahlian), program sarjana (9 fakultas, 36 program studi), program pascasarjana (11
fakultas, 77 program studi) dan program Doktor (11 fakultas, 43 program studi).
Jumlah mahasiwa aktif 6.778 orang untuk program diploma, 15.924 orang
mahasiswa program S1 dan 1.438 mahasiswa program pascasarjana (Pascasarjana
2012). SDM yang tersedia terdiri dari 1.186 orang tenaga pendidik, 1.473 orang
tenaga pendidikan. Tentunya dengan jumlah sivitas akademik IPB yang sangat
besar diperlukan suatu pengelolaan TI untuk melayani seluruh stakeholder IPB.
Information Technology Infrastructure Library (ITIL) merupakan salah satu
framework yang memberikan panduan dan petunjuk mengenai tata kelola layanan
TI. Didalam ITIL V3 terdapat pengelolaan service catalogue yang merupakan salah
satu proses tata kelola TI yang sangat penting, karena sebagian besar proses tata
kelola TI ada pada service catalogue. Service catalogue adalah sebuah database
atau dokumen yang berisi informasi tentang seluruh layanan TI yang tersedia.
Pengembangan dimulai dari penilaian tingkat kematangan layanan TI IPB
yang diharapkan menjadi masukan dalam penerapan dan perbaikan pengelolaan
layanan TI IPB. Identifikasi layanan TI IPB dilakukan untuk mengetahui keadaan
jumlah layanan TI IPB, yang kemudian dibuat rancangan dokumen service
catalogue layanan TI IPB dengan mengadopsi 16 item yang ada pada service
catalogue ITIL V3. Pengujian usability dilakukan terhadap 3 komponen yaitu
efektivitas, efesiensi dan kepuasaan responden untuk menilai apakah E-Service
Catalogue layanan TI IPB sudah usable digunakan. Hasil penelitian diharapkan
akan memudahkan pengembangan dari layanan TI IPB dan memudahkan bagi
pegawai yang baru masuk dalam mengelola layanan TI IPB serta memudahkan
stakeholder IPB dalam mencari layanan TI IPB.
Hasil tingkat kematangan layanan TI berada pada level 2 (repeatable),
dimana proses service catalogue telah rutin dilaksanakan tetapi tidak
didokumentasikan. Hasil identifikasi layanan TI IPB saat ini berjumlah 55 aplikasi,
dimana 42 aplikasi sudah berjalan dan 13 aplikasi belum berjalan. Hasil
dokumentasi service catalogue layanan TI IPB mengadopsi 15 dari 16 item yang
ada pada ITIL V3, yang kemudian di implementasikan kedalam 42 dokumen
layanan TI IPB. Pengujian usability E-Service Catalogue menghasilkan nilai
efektivitas sebesar 4.3 (mudah), nilai efesiensi sebesar 4.2 (mudah) dan kepuasaan
sebesar 4.3 (puas)